Aurora di Saturnus Tertangkap Teleskop Hubble

Aurora di Saturnus.
Aurora yang terjadi di Kutub Utara selalu memberikan pemandangan dramatis dan menawan. Fenomena ini tidak selalu terjadi setiap hari, dan hanya terjadi saat di mana medan megnetik Bumi  dihantam oleh medan magnetik Matahari.

Namun, fenomena aurora ini tidak terjadi hanya di Bumi saja. Salah satu planet terbesar di tata surya, Saturnus, juga bisa mengalami fenomena yang sama. Dan fenomena aurora ini tertangkap oleh teleskop Hubble.

Bukan hal yang mudah mengamati terjadinya aurora di planet yang tertutup gas tersebut, setidaknya NASA membutuhkan waktu tiga tahun untuk menangkap momen yang tepat saat terjadinya aurora.

Aurora yang terjadi di sana sama seperti yang terjadi di Bumi, yaitu di kutub planet, di mana medan magnetik sangat besar di sana. Sama seperti halnya Bumi, Satusnus dipercaya memiliki medan magnetik yang cukup kuat untuk menghalau badai matahari, yang memancarkan radiasi kuat.

Sehingga dibutuhkan pertahanan bagi planet agar tidak terbakar, saat terjadinya badai matahari. Aurora yang terjadi di sana pun sangat cepat.


Sumber

0 Comment "Aurora di Saturnus Tertangkap Teleskop Hubble"

Posting Komentar

Aturan berkomentar.

1. Dilarang Nyepam
2. Dilarang Promosi
3. Dilarang Sara & Menghina Orang

Thank you for your comments