Belut Listrik Berevolusi Sejak 200 Juta Tahun Lalu

Belut listrik.
Untuk pertama kalinya, genom dari belut listrik telah diurutkan. Penemuan ini mengungkapkan, bagaimana ikan dengan organ listrik telah berevolusi selama kurang lebih enam kali dalam sejarah.

Tujuannya evolusi adalah untuk menghasilkan listrik dari tubuh mereka, yang mempunyai struktur yang sangat kompleks. Belut listrik juga mengembangkan keamanan bagi tubuhnya, terhadap listrik yang dihasilkan.

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari Universitas Michigan, Universitas Wisconsin-Madison, dan Universitas Texas. Mereka juga melihat bagaimana struktur organ-organ listrik yang berkembang sangat independen, dan diperkirakan jenis ikan ini telah berevolusi untuk menghasilkan listrik sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Di seluruh dunia sendiri, ada ratusan spesies ikan yang mampu menghasilkan listrik, namun secara keseluruhan, ada enam garis keturunan yang sama.

Ikan-ikan ini merupakan hasil dari evolusi konvergen, di mana hewan-hewan tidak terkait secara bebas dan mereka berkembang karena memiliki kesamaan tertentu seperti adaptasi dengan lingkungan yang sama.

Biasanya, semua sel-sel otot dan saraf dalam ikan listrik, mempunyai potensi listrik yang sama. Mereka akan berkontraksi secara bersamaan untuk menghasilkan tegangan listrik.

Namun untuk belut listrik, terdapat jutaan sel-sel seperti 'baterai' yang bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan tegangan listrik yang sangat tinggi secara bersamaan. Bahkan tegangan yang dihasilkan satu belut saja, bisa melebihi tegangan listrik yang ada di dalam rumah Anda.

Penemuan ini dipublikasikan di dalam jurnal Science.

Sumber

0 Comment "Belut Listrik Berevolusi Sejak 200 Juta Tahun Lalu"

Posting Komentar

Aturan berkomentar.

1. Dilarang Nyepam
2. Dilarang Promosi
3. Dilarang Sara & Menghina Orang

Thank you for your comments